Senin, 25 Februari 2008

cara membersihkan cabulator yang benar!!!!!!

1.buka body motor bagian samping.
2.ambil bagian cabulator motor.
3.setelah itu buka bagian atas cabulator dengan obeng plus
4.buka bagian jarum pada cabulator.
5.bersihkan jarum cabulator dengan kertas gosok.
6.bersihkan bagian dalam cabulator dengan compresor.
7.setelah itu buka bagian bawah cabulator.
8. periksa bagian pelampung pada cabulator.
9.lihat apakah plampung masih berfungsi apa tidak.
10.setelah itu buka plampung dan bersihkan dengan compresor.
11.dan bersihkan juga bagian dalam cabulator dengan compresor juga.
12.pasangbagian bawah dan atas seperti semula pastikan jgn ada yang keliru.
13.untuk mempercepat gunakan obeng plus.

cara mengatasi mesin yang berisik!!!!!

Sebenarnya mesin berisik ada beberapa penyebab. Biasanya nih, mesin berisik disebabkan:
1. Katup yg berbunyi
2. Bunyi dari bagian piston
3. Bunyi dari bagian rantai timing
4. Bunyi dari bagian kopling
5. Bunyi dari bagian crankshaft
6. Bunyi dari bagian transmisi

Nah penyakit yang biasanya dihadapi satria FU 150 biasanya bersumber dari bagian rantai timing, bahasa umumnya rante keteng. Kenapa sih bisa bikin berisik? ya penyebabnya bisa karena rantainya sudah ‘uzur’ bin melar, sproket (gir)-nya aus, atau karena stelan rantainya tidak pas lagi alias perlu distel lagi kekencengannya.
Terus gimana sih solusinya nih? Males banget, motor keren eh bunyinya berisik banget. Huh!!!. Paniknya hati ini, melihat motor kesayangan bunyi mesinnya teriak2.
Sederhana sih solusinya, cukup dicek cam chain tension adjuster-nya bahasa gampangnya cek alat penyetel otomatis rante keteng. Cek apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi maksimal ya memang musti diganti.
Jadi ngak perlu asal claim minta diganti. Kalo masih berfungsi, artinya perlu distel lagi tuh tensioner!.

Ente pasti nanya deh, yakin tuh gara2 tensionernya yg gak bener? Logikanya sih gini bro. Motor kita ini baru, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti ngak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Jadi rantai timing - rante keteng- kendor alias melar bin uzur ataupun kasus sproketnya yang aus karena masa pakai harian

Udah percaya kan ente-ente?..

Tuh kan nanya lagi, Bos, gimana nih ngecek kl tensioner adjuster masih berfungsi baik? bener kan, pasti nanya.

Gini nih caranya:

1.. Buka Cam Chain Adjuster Tensioner dari tempatnya. Gunakan kunci no 8.
2.. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng ( - )masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng ( - ).
3.. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet/mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.

Jadi, ngak melulu tensioner adjusternya musti diganti, cek dulu masih bekerja atau tidak. Jika masih bekerja, tinggal menyetel ketegangan rantai cam yang sesuai. Kalo sudah tidak berfungsi barulah diganti. Untuk berbagai kasus, penggantian ini biasanya gratis, karena masih dalam masa garansi.

OK, sekarang katakanlah cam chain tensioner adjuster masih berfungsi. Cara memasangnya gimana nih, apakah tinggal pasang aja atau perlu perhatian khusus?

Berikut ini langkah-langkah yang kudu duperhatikan pada saat akan memasang kembali alat tersebut.

1.. Sebelum memasang, pastikan pegas penegang sudah dikunci. Caranya dengan obeng (-) putar searah jarum jam.
2.. Putar Crankchaft pada arah yang normal untuk menghilangkan kekendoran rantai antara crank sproket dan exhaust sproket.
3.. Setelah memasang cam chain tension adjuster, putar obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Pada saat cam chain tension adjuster berputar batang penegang akan terdorong oleh daya pegas dan menekan cam chain tension adjuster yang sekaligus menekan rantai cam.

Nah, begitu bro inpo-nye…

Ente boleh coba sendiri, tapi sebaiknya didampingi mekanik yang berpengalaman. Lebih aman sih bawa ke BERES, enter perhatiin cara kerjanya, bandingkan dengan tips di atas. Setelah itu COPY PASTE deh, maksudnye kerjain ndiri kl ada kasus begini lagi di rumah. Lumayan hemat 30 rebu + pajak. Hehehehehe…

Tips atasi knalpot mbrebet!!!!

Keluhan mendasar buat penunggang bebek gambot ini adalah penyakit knalpot mbrebet. Artikel berasal dari sekumpulan email yang beredar di milis.. selamat mencoba

Dari beberapa message terungkap ada sedikit kelemahan yang cukup banyak dialami para pemilik baru bebek gambot ini. Keluhan yang banyak dituliskan adalah knalpot sering mbrebet di putaran bawah. Berikut ini kumpulan tips yang berhasil saya kumpulkan, thanks tuk bro Mantri yg dengan baik hati memberikan ilmunya di Motor+ edisi minggu ini, 29 Januari 2005.

  1. Sebelum menggenjot si gambot, sebaiknya dipanaskan cukup lama sebutlah 5 menit (tapi kelamaan juga ya?? Hehehehe) Tapi kan lumayan dari pada nanti mati sendiri, ya nggak?
  2. Ini tips paling canggih versi bro Sumantri dari Chips Motor. Gantilah pilot jet standar 12,5 dengan pilot jet 17,5. Jangan lupa sesuaikan stelan air screw dari semula ½ putaran kalau pake 12,5 jadi 1 putaran berlawanan arah jarum jam. Patokan pilot jet bergantung pula kondisi suhu harian motor dipakai. Bro Mantri menyarankan kalau untuk daerah dingin macam Bandung (termasuk Malang kali yee?) pakai pilot jet 15 dengan stelan air screw ¾ putaran.
  3. Tips hemat nih, kalau males beli pilot jet 17,5 rojok aja yg standar biar rada gedean (kata bro ARS di milis) trus rapetin deh busi sekitar 0,7 mm. Selebihnya setting lagi air screw (btw, ternyata kata mekaniknya ini bukan buat setelan angin tapi setelan pasokan bensin, jadi kudu pas bener!!).

Minggu, 24 Februari 2008

Macam modif motor

Modif Limbah

Paling tidak sejak 3 tahun sebelum ini, modifikasi limbah sangat marak. Sejak diperkenalkannya oleh beberapa pengguna motor laki, terutama pengendara Tiger, yang diikuti oleh Thunder 250 dan Scorpio, penggunaan limbah kaki-kaki moge sangat diigemari. Penggantian perangkat bergerak ini meningkatkan kesan tampilan yang lebih maco yang seirama dengan model sport turing motor-motor tersebut. Juga dalam beberapa aspek meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendaraan apabila komponen limbahnya masih bagus dan dipasang dengan teknik yang penuh perhitungan. Tentu saja ada hal-hal yang perlu dikorbankan seperti penambahan bobot, namun sejauh ini para biker yang menggunakan model modif limbah memang memaksudkan kendaraannya bukan untuk kecepatan, namun mendukung penampilan.

Dapat dipastikan bahwa harga limbah moge semakin tinggi seiring dengan hukum pasar. Semakin tingginya permintaan akibat kebutuhan yang semakin hari semakin menggila tidak mungkin diikmbangi oleh semakin sedikitnya parts limbah yang tersedia di negara-negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia.

Modif Bolt-On

Modif limbah bukan satu-satunya trend yang berkembang. Justru modif dengan menggunakan perangkat after market yangs ering kita sebut sebagai asesori bolt-on tidak kalah gencarnya. Bahkan mungkin inilah model modifikasi yang paling banyak pengggunanya.

Beberapa parts kaki-kaki hingga asesori body bisa disediakan karena memang tgercetak dan diproduksi secara massal sehingga harganya pun bisa lebih murah dan pemasangannya lebih gampang. Sangat berbeda dengan modif limbah yang membutuhkan keahlian modifikator di workshopnya, pemasangan perangkat bolt-on cukup dipasang di tempat atau bengkel-bengkel biasa karena desainnya memang telah disesuaikan dengan dudukan motor yang asli.

Meskipun membutuihkan biaya yang tidak sedikit, namun rupanya bukan cuma faktor kemudahan dan kemurahan saja yang membuat orang tertarik. Sektor body pun mulai dilirik yang kemudian melahirkan trend kastem body selain kaki-kaki.

Modifikasi Body

Harus diakui modifikasi body merupakan suatu jenis modif yang semakin ekstrim karena tidak jarang mengeluarkan motor dari pakem aslinya. Sebelumnya anda menebus motor Tiger. Selang beberapa saat anda menginginkan motor ini lebih sporti. Anda mulai tertarik dengan penggunaan fairing dan buntut yang lebih lancip.

Apa boleh body, permak sana body tidak mungkin dihindari. Bahkan dalam banyak kasus modif yang benar-benar bagus, motor hanya menyisakan rangka depan asli (original main frame) dan mesin. Sisanya menggamit body motor lain, replika motor lain yang biasanya terbuat dari plat atau fiber, hingga membuat model yang sama-sekali baru. Kadang-kadang perpaduan beberapa merek dan model beken atau justru menbuat model yang ekstrim dan rada nyetrik. Yang terakhir ini merebak di berbagai pelosok tanah air dengan model trondol dan ultraekstrim yang mungkin takkan pernah terbayangkan para insiyur Jepang.

Di Jakarta anda harus menyebut nama-nama seperti Jatayu (JMS), Kresna (Aming), RMC, Obelix, Tauco, dll… dll. Atau kalau di tempat-tempat lain, anda boleh ke mana…..? (Silahkan dibantu isi ya :D). Tinggal bawa konsep, hitung sana-sini, setor motor, dan beres.

Setelah modif-modif tersebut kelar, sisanya tinggal pilih klir yang sesuai. Bisa di bengkel yang sama atau order ke jagoan khusus ngecat yang bejubel di mana-mana. Maklum saja finishing yang bagus menggambarkan tingkat kepribadian pemiliknya. Ya, warna, motif, dan merek cat bukanlah hal yang sepele. Anda pun harus menyerahkan ke ahlinya untuk model khusus dengan harga khusus.

Tahun 2007

Belakangan trend tersebut semakin bertambah dengan gaya-gaya baru yang sebelumnya memang sudah lahir embrionya, namun saat ini semakin menguat.

Transeksual

tranx.jpg

Transeksual berarti kurang lebih ganti kelamin. Dalam konteks modifikasi motor adalah perubahan gaya dari satu jenis motor ke jenis yang lain berkat keahlian bedah seorang modifikator. Modif transeksual sebenarnya sudah banyak pula yang melakoni. Beberapa tabloid motor pernah mengulas mengenai perubahan bebek menjadi motor sport. Katakanlah satria menjadi sebuah sportbike. Namun kecenderungan itu kini telah meningkat ke level yang lebih tinggi, transexual dalam pengertian yang lebih mendalam.

Transeksual yang ekstrim sekaligus berkualitas saat ini dilakukan oleh Yamaha Mio yang tergambar dalam foto ini. Luar biasa karena motor ini bukan sekedar mengganti kelamin, namun bersamaan dengan itu juga mengambil salah satu model paling favorit yaitu streetfighter dan dengan kualitas finishing yang apik. Penggantian kit body untuk mengejar perubahan model yang maksimal mau tak mau harus dilakoni.

Kekelebihan lain digunakannya perangkat kaki-kaki limbah dan menjaga dimensi motor tetap proporsional. Bukanlah hal mudah memadukan berbagai unsur-unsur ini dalam sebuah racikan yang pas. Dalam banyak kasus sebelumnya motor-motor transeksual gagal memunculkan aura motor laki yanhg sebenarnya, yaitu gahar dan manis sekaligus! Yang lebih gila lagi karena motor ini aslinya adalah skutik yang nota bene juga sudah merupakan biseksual sebelum diapa-apain. Jika semakin banyak yang melakukan model modifikasi transeksual dengan sentuhan yang halus, maka dipastikan bahwa trend ini akan memicu adrenalin para modifikator dan pencinta modifikasi dikemudian hari.

Handmade-On

Pernah suatu ketika 4-5 tahun yang lalu kita disuguhi NSR full handmade dari seorang modifikator di Surabaya. Modelnya gahar sesuai aliran streetfighter untuk menggantikan model sport yang menjadi basis motor ini. Namun bukan cuma itu, kaki-kaki pun ikut mentas. Anda akan tidak percaya jika upsidedown yang digunakan adalah hasil kreasi sok asli yang dibalik dengan stabiliser sebagai peredam dan penyeimbang. Anda juga akan tertarik melihat swingawm yang dibungkus variasi khsusus sehingga amenimbulkan kesan gede. Sisanya penyesuaian part-part kaki-kaki yang lain seiring irama gahar NSR-fighter ini.

Sebelum itu juga dari Surabaya sudah muncul caferacer yang modif bodynya dipadukan dengan kaki-kaki limbah.

tnt-tgr2.jpg

Namun apa yang terjadi saat ini jauh lebih serius dengan tampilnya modifikasi handmade untuk sekujur body dan juga kaki-kaki. Tersebutlah sebuah Tiger mengusung kembali model Binelli TNT 1130 yang adui gaharnya. Penggunaan warna dan aliran lekuk body dan kaki-kaki benar-benar berupaya mencontek moge aslinya. Sampai-sampai swing arm dan sasis turbular harus dibuat handmade bersama-sama dengan sebagian besar parts pendukung.

Sok depan juga model upsidedown hasil modifan dari sok teleskopik asli yang di balik. Juga penggunaan velg lebar dan disk besar yang di8ikuti dengan detailing body yang luar biasa apiknya. Tentu saja masih ada sedikit kekurangan menyangkut proporsi jika dibanding dengan model aslinya, namun sesuai dimensinya sendiri, maka saya bisa mengatakan bahwa replika tersebut sudah mencapai tahap maksimal yang bisa diusahakan oleh sebuah handmade yang tanpa cetakan langsung dari model aslinya! Dengan demikian saya bisa mengatakan kekaguman tersebut terpaut pada detailing, proporsi, dan modelnya. Sebagai tambahan sebentar lagi kita akan menikmati beberapa parts modif kastem yang akan dijual bebas sesuai seperti arm dan batok lampu yang super seram.

Bagaimana dengan kemungkinan aliran atau trend lain seperti pada pewarnaan khusus, retro klasik, supermoto dan sebagainya? Juga menguat. Namun trend itu bisa masuk ke dalam dan bersilangan dengan trend yang ada sekarang. Sebagian trend yang saya sebutkan terakhir tersebut adalalah model-model yang kurang lebih akan memanfaatkan beberapa kejeniusan temuan seni dan pemecahan teknis yang kita bahas di sini. Dan semoga modifikasi semakin maju dan harga modifikasi semakin bisa ditekan. Merdeka!!!

Sabtu, 23 Februari 2008

mY pRoFiLe

Hey brow...,kenalin ne,namaQ rObBy HinDraTno,Q lahir di PrOboLinGg0 pd tgl 17 mEi 1989,so zodiakQ taUrus coy!!!!Aq tu anakX gOkil abissss,tapi agak pendiem c..selain tu aQ jg penyayang lho!!!!hehe...temen-temenQ sering bilang,kataX aQ tu lucu and nyeningin...hohoho!!dah deh tu ja tentang aQ.,
byE................................bYe.......................................